Selasa, 09 Agustus 2016

Pasir Putih Pantai Pangandaran

AWAL 2012, Kementrian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif melaunching 15 maksud wisata yang bakal jadi kuda hitam di th. ini. Saat ini kita bakal membahas semasing destinasi untuk jadi tips Anda apabila menginginkan berkunjung ke ke-15 tempat indah itu. Satu diantara destinasi yang disasar yaitu Pangandaran. Pangandaran yaitu satu kota kecil di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pangandaran terdapat di garis pantai selatan Pulau Jawa. Kelebihan paling utama Pangandaran yaitu pantainya yang indah, sebut saja Pantai Pasir Putih Pangandaran, Pantai Batu Hiu, serta Batu Karas.



“Pantai Pasir Putih pas untuk wisata keluarga serta anak-anak, namun untuk anak muda serta remaja, lebih cocok bila ke Batu Karas, ” papar Awal (25), wisatawan yang pernah bertandang ke Pangandaran, Kamis (12/1/2011).

Menurut Awal, Batu Karas yaitu pantai di Pangandaran yang masihlah sepi wisatawan. “Batu Karas belum banyak didatangi wisatawan, mungkin saja lantaran tempatnya yang cukup jauh dari Pantai Pasir Putih Pangandaran, ” imbuhnya.

Jarak dari Pangandaran ke Batu Karas meraih 1 jam perjalanan memakai alat transportasi ojek. Walau jauh, panorama indah Pantai Batu Karas bikin capek semua hilang. Pantainya landai, dengan air laut biru yang tenang serta cukup sepi dari wisatawan. Di sekitaran pantai ada warung-warung kecil yang jual makanan serta minuman enteng. Di sekitaran Batu Karas juga ada banyak pondok penginapan dengan harga yang terjangkau.

“Kalau ingin lebih sepi lagi, tinggal jalan sedikit menuju Pantai Batu Hiu, di situ betul-betul hampir tak ada orang, ” katanya. “Dari Batu Karas menuju Pantai Batu Hiu mesti trekking lagi kurang lebih sepanjang 20 menit, ” lanjutnya.

Jalur trekking menuju Pantai Batu Hiu cukup menantang lantaran mencakup jalur menaiki bukit serta menuruni lembah. Pantai ini diberi nama Batu Hiu lantaran ada batu yang tampak di laut pantai ini mirip sirip ikan hiu. Agar bisa memandangnya, Anda dapat naik bukit kecil sembari rasakan hembusan angin laut serta nikmati panorama samudra yang luas.

Terkecuali wisata pantai, ada pula atraksi tidak kalah menarik di Pangandaran, yakni Green Canyon. “Untuk menuju Green Canyon, kita mesti naik perahu dari muara Sungai Cijulang, dilanjutkan body rafting menuju dermaga object wisata Green Canyon itu, ” katanya. “Nanti waktu hingga di Green Canyon, ada batu setinggi 7 mtr. bernama batu payung, dimana kita bisa meloncat dari atasnya menuju Sungai Cijulang, ” imbuhnya.

Wisata Green Canyon pas untuk wisatawan yang sukai kesibukan pemacu adrenalin. Tetapi baiknya, berkunjung ke Green Canyon tak pada musim hujan lantaran debet air Sungai Cijulang bakal tinggi serta airnya condong jadi kecoklatan.

Demikian banyak wisata menarik di Pangandaran. Tetapi sayang, hal semacam ini tak di dukung dengan transportasi yang ideal menuju lokasi wisata ini. “Pantai-pantai di Pangandaran memanglah indah, tetapi saya masihlah bakal sebagian fikir dulu untuk berkunjung ke obyek wisata ini lagi lantaran perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan, ” sahut Putry (22), salah seseorang wisatawan Pangandaran yang lain.

“Dari terminal Kampung Rambutan, saya mesti ubah bis lagi di Sukabumi atau Banjar menuju Pangandaran. Perjalanannya sekira 9-12 jam, ” keluhnya.

Ia merekomendasikan, transportasi menuju Pangandaran baiknya diperbanyak, juga di buka jalur-jalur jalan yang baru supaya saat perjalanan yang ditempuh tidaklah terlalu melelahkan.

“Namun memanglah, keindahan pasir putih di pantai-pantai Pangandaran dan akomodasinya yang murah jadi nilai lebih, selain kekurangan transportasinya itu, ” lebih Putry.

Ia menukaskan, di sekitaran Pangandaran ada banyak penginapan dengan harga terjangkau serta sarana yang komplit. “Dengan harga Rp100 ribu per malam saja telah bisa kamar yang nyaman, ” tuturnya.

Terkecuali Pangandaran, 14 destinasi sebagai unggulan di 2012 diantaranya Sabang, Toba, Kota Tua-Jakarta, Tanjung Puting, Bromo-Tengger-Semeru, Batur-Bali, Rinjani, Toraja, Derawan, Raja Ampat, Bunaken, Komodo-Kelimutu-Flores, Wakatobi, serta Borobudur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.