Sabtu, 13 Agustus 2016

Curug Dendeng Wisata Favorite Tasikmalaya

Curug Dendeng Wisata Favorite Tasikmalaya “Bumi Pasundan lahir saat Tuhan tengah tersenyum, " tersebut pujian dari fenomenolog, psikolog, juga seseorang budayawan asal Belanda, Martinus Antonius Weselinus Brouwer. Serta satu diantara bukti keindahan alam Pasundan itu satu diantaranya dapat di nikmati di lokasi Tasikmalaya selatan. Namanya Curug Dengdeng. Pemandangan alam di daerah Tasikmalaya selatan ini walaupun belum dikerjakan optimal, tetapi jadi buruan beberapa netizen yang hoby wisata bertualang di alam terbuka.



Konon menurut masyarakat setempat, air terjun tempatwisataindonesia.id dahulu pernah juga digunakan jadi satu diantara persembunyian DI/TII. Tetapi itu hanya sepenggal histori yang pernah menghiasi curug ini. Saat ini, untuk Anda yang hoby wisata jarambah dengan kata lain blusukan ke lokasi wisata alam yang masihlah perawan, lokasi curug ini dapat jadi tujuan Anda untuk touring, bersepeda, atau gunakan mobil pribadi/umum. Janganlah lupa sebagai panduan penambahan, sediakan perlengkapan serta makanan plus waspada waktu ada di curug. Serta yang tentu janganlah buang sampah asal-asalan.

Seperti tempat wisata lain curug Aleh di Bandung Jawa Barat, Curug ini juga menaruh folklore berbentuk narasi legenda setempat. Konon, jaman jaman dulu pernah berlangsung pertarungan pada dua orang pangeran di curug ini. Perkelahian itu berlangsung pada Pangeran Jaya Laksana serta Pangeran Jaya Nalangsa. Keduanya mengadu elmu kanuragan. Siapa yang kalah jadi bakal terlempar ke sisi bawah curug, sedang pemenangnya bakal bertahan dibagian atas curug.

Pesona Keindahan Alam Curug Dengdeng
Membuat bedengan, hulu air terjun ini ada di Gunung Raja. Mengenai hilinrnya di Sungai Cimedang. Sungai yang berbuntut di pantai selatan. Lokasi Curug ini ada di Sungai Cikembang dengan panjang sungai lebih kurang 20 km dengan lebar sekitaran 30 mtr.. Curug yang tengah ngehits di sosial media ini mempunyai tiga umpak (tingkatan).

Tingkatan pertama memiliki ketinggian lebih kurang 13 mtr.. Tingkatan ke-2 tingginya 11 mtr. serta tingkatan ketiga setinggi 9 mtr.. Pemandangan alam dapat pengunjung saksikan dari tingkat bertama yang lumayan berarea luas. Pengunjung bisa nikmati keindahan alam aliran Sungai Cikembang. Gabungan aliran air nan bening plus hamparan sawah serta pohon kelapa di ruang lokasi air terjun jadi pesona sendiri.

Sesaat di tingkat dua, bakal tampak indahnya curug tingkat pertama. Sesaat, sisi paling bawas jadi arena untuk menjajal sensasi aliran Curug Dengdeng. Berikut satu diantara air terjun di Jawa Barat yang diproyeksikan dapat jadi satu diantara destinasi andalan di Tasikmalaya selatan. Tempatnya yang masihlah asri serta akses jalan yang tidaklah terlalu susah, jadi nilai plus curug ini. Pengunjung yang berziarah ke Pamijahan dapat meluangkan bertandang ke obyek wisata di daerah Cikatomas ini. Geliat potensi wisata Curug Dengdeng ini dapat memancing perkembangan ekonomi orang-orang setempat.

Rute Menuju Curug Dengdeng
Tempat nan eksotik ini memanglah mengundang beberapa penjajal wisata alam, tetapi akses menuju lokasi jadi tantangan sendiri. Lokasi Curug ini memanglah termasuk jauh dari pusat kota Tasikmalaya, tepatnya di Desa Tawang Kec. Pancatengah, Kab. Tasikmalaya. Bila Anda dari arah Bandung, keluar tol Cileunyi selalu ke arah Tasikmalaya. Di Tasik kota ke arah selatan menuju daerah Cikatomas.

Dapat pula lewat jalur Garut - Tasikmalaya lantas selalu ambillah arah ke selatan. Di Cikatomas sekitaran 30 menit dari kantor kecamatan. Yang memakai kendaraan umum dapat naik bus turun di Terminal Tasikmalaya. Dari sini memakai bus ke Cikatomas atau ke Cibuniasih, satu diantaranya TKM jurusan ke Cibuniasih serta berhenti di Cikatomas.

Sepanjang perjalanan ke arah Cikatomas-Pancatengah jalan berbelok-belok. Tetapi akses jalan raya cukup lancar dari Manonjaya menuju Salopa. Setibanya di Cikatomas ambillah arah kiri menuju Desa Tawang (sesudah SPBU). Jalan menuju Desa Tawang sampai ke lokasi cukup berat, jarak yang kurang dari 10 KM saja mesti ikhlas ditempuh nyaris 40 menit perjalanan yang melelahkan.

Kunjungi wisata lain di Jawa Barat : Pantai Pasir Putih Pangandaran

Di Desa Tawang ada jalan beraspal serta dari jalan paling utama, belok kiri lagi masuk rimba yang cukup rindang tetapi tidaklah terlalu lebat. Beberapa jalan di ruang ini telah disemen. Untuk membuat lancar perjalanan, Anda dapat ajukan pertanyaan pada masyarakat setempat. Hingga dekat lokasi Curug Dendeng Wisata Tasikmalaya , Anda dapat menitipkan kendaraan pada masyarakat setempat lalu jalan kaki sekitaran 1/2 jam menuju lokasi Curug Dengdeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.